Powered By Blogger

Kamis, 26 April 2012

Angka dan Fakta dari Dua Leg Semi Final Liga Champions 2011/2012

Semi final leg kedua Liga Champions yang berlangsung Rabu (25/4) dan Kamis (26/4) dinihari WIB mempertontonkan kualitas permainan dan adu taktik sepak bola yang luar biasa. Dua tim tersolid dan bermental pantang menyerah, Bayern Muenchen dan Chelsea akan bertemu di partai final di Allianz Arena, 19 Mei 2012 mendatang. 

Berikut sebagian fakta dan angka dari dua leg semi final Liga Champions 2011/2012 yang diolah dari akun Twitter resmi situs pencatat dan pengumpul data statistik olahraga Opta Sports, @OptaJoe dan@OptaJean:

1. Dua kali Cristiano Ronaldo gagal mengeksekusi penalti, yang pertama di babak adu penalti saat Manchester United menghadapi Chelsea di final Liga Champions 2007/2008. Lalu yang kedua di babak adu penalti di semi final leg kedua Liga Champions 2011/2012 saat Real Madrid menjamu Bayern Muenchen.

2. Empat kali Jose Mourinho gagal membawa klub asuhannya menembus semi final. Yang pertama saat Chelsea kalah agregat 1-0 dari Liverpool di semi final Liga Champions 2004/2005. 
Dua musim berselang John Terry dkk kembali dikandaskan Liverpool. Saat itu The Reds menang adu penalti dengan skor 4-1. Di semi final leg pertama dan kedua, masing-masing tim menang dengan skor 1-0.

Kemudian di Liga Champions 2010/2011 Mourinho berhasil di musim pertamanya membawa Real Madrid masuk semi final. Sayangnya di Santiago Bernabeu, Los Blancos kalah 0-2 dari Barcelona dan cuma bisa meraih skor 1-1 di Camp Nou.

Madrid pun harus mengakui nyali dan semangat bertanding Bayern Muenchen. Bermain di Santiago Bernabeu di semi final leg kedua Liga Champions, The Bavarians menang adu penalti dengan kedudukan 3-1. Dua pemain terbaik dunia yang berkostum Los Blancos, Ronaldo dan Kaka, gagal melakukan tugasnya dari titik putih.

3. Real Madrid terakhir kali menjalani perpanjangan waktu di babak semi final Liga Champions di Maret 2005. Saat itu Los Blancos kalah dari Juventus.

4. Arjen Robben menyumbang delapan gol untuk Bayern Muenchen yang semuanya dilakukan di babak penentuan (knock-out).

5. Total rata-rata penguasaan bola oleh Chelsea di dua leg semi final melawan Barcelona hanya 18 persen. Hasilnya malah Chelsea yang lolos ke final.

6. Di semi final leg pertama melawan Barcelona, 10 pemain berbeda Chelsea berhasil melakukan tekel yang bersih saat bertahan.

7. Lionel Messi untuk pertama kalinya gagal menceploskan bola lewat titik putih, baik di La Liga atau Liga Champions.

8. Chelsea sukses mencetak tiga gol dari tiga tendangan ke arah gawang saat bertemu Barcelona di dua leg semi final Liga Champions musim 2011/2012.

9. John Terry pertama kali mendapat kartu merah sepanjang 86 penampilannya bersama Chelsea di Liga Champions.

10. Sebelum leg kedua Liga Champions antara Barcelona vs Chelsea, kiper The Blues Petr Cech sudah melakukan 48 kali penyelamatan. Lebih banyak 39 kali dari penjaga gawang Blaugrana Victor Valdes yang cuma sembilan kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PLEASE FOLLOW ME ON TWITTER https://twitter.com/#!/OLisFary